Banner 468x 60

Tuesday, July 6, 2010

Memilih Sepatu Untuk Penggiat Alam

Kegiatan pendakian gunung ataupun hiking merupakan suatu kegiatan menyenangkan dalam melakukan suatu pendakian kondisi tubuh kita harus dalam keadaan yang prima terutama kaki kita, karena kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang paling banyak menggunakan kaki.
Bagi seorang pendaki disarankan memilih sepatu dengan nomor yang sedikit besar dari ukuran kakinya, dengan sedikit mengatur ikatan tali sepatu, yaitu dengan mengikat semua ikatan tali sepatu, hal ini dilakukan untuk mendapatkan kenyamakan dalam melakukan pendakian. Pemakaian sepatu yang tidak benar atau sepatu yang tidak sesuai akan membuat kaki mudah lecet dan sakit.
untuk menjaga kondisi kaki diwaktu melakukan pendakian salah satunya adalah dengan menggunakan sepatu yang sesuai dengan medan yang akan kita tempuh.
Banyak produsen sepatu yang dibuat khusus untuk kegiatan pendakian dengan berbagai model dan gaya namun ada 4 tipe sepatu yang menjadi dasar.

1. Light Hiker atau trail boots
Terbuat dari campuran bahan fabric (bahan seperti yang dipakai untuk membuat ransel) dan kulit. solnya fleksibel dan ringan. jenis sepatu ini cocok digunakan untuk Day Trips atau perjalanan dengan ransel yang sangat ringan. jenis ini juga sangat cocok digunakan di area perkemahan.






2. Off Trail Boots
Terbuat dari kulit hingga bagian atasnya. Solnya memilki hak dan memilki ankle support di bagian atasnya. jenis ini cocok dipakai untuk perjalanan dua atau lima hari dengan ransel ukuran menengah.







3. Rough Trail

Terbuat dari kulit hingga bagian atasnya. sedikit tinggi dan memiliki ankle support yang kokoh dan kuat serta solnya lebih agresif dengan kembang sol yang tajam. jenis ini cocok dipakai untuk perjalanan panjang dengan ukuran ransel besar dan medan yang berat.





4. Double Boots (Mountaineering Boots)

Lapisan luarnya terbuat dari plastic, dan ada boot lapisan dalamnya. sol dengan kembang yang agresif, serta ada cantelan crampon. jenis ini cocok untuk extreme mountaineering pada medan bersalju.






sebelum melakukan perjalanan para pendaki di sarankan untuk mencoba sepatu yang akan digunakan untuk membiasakan kaki dan untuk melenturkan kulit sepatu.

Bookmark and Share

 
Petualang Malam | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info